SALES OF THE YEAR 2020 : SALES STRATEGIES TO TAKE ADVANTAGE OF RIGHT NOW 👍
Jakarta, SKJENIUS.COM.- Bismillah ❤ Tahun 2020 ditargetkan menjadi The Year of Sales Samudera Group. Untuk itu, Human Resources Department Samudera Group bekerja sama dengan Spiritual Business Consultant dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) President telah menyempurnakan Strategi Pemasaran dan Penjualan (Sales and Marketing Strategy) Samudera Group.
Demikian disampaikan oleh Direktur LPK President, Masrul Chaniago, S.Sos menjawab pertanyaan wartawan seputar Strategi Pemasaran dan Penjualan dalam Situasi Perekonomian Global yang terancam resesi dan Kondisi Ekonomi Indonesia yang melambat, di kantornya, Pejaten Office Park, Jakarta Selatan. "Insya Allah, strategi penjualan Samudera Group 2020 ini sebagai cahaya penuntun yang dapat digunakan tim Sales & Marketing untuk menerangi jalan mereka menuju tahun yang sukses," imbuhnya.
Menurut Masrul, dengan strategi penjualan yang tepat, maka team Sales akan diberdayakan untuk memiliki pola pikir yang mengutamakan pelanggan, mendidik prospek, mendorong konversi yang lebih tinggi, dan meningkatkan ROI (return on investment)
"Strategi penjualan adalah cara dalam memperoleh pendapatan penjualan (sales) yang disusun berdasarkan kekuatan, keunggulan, pengaruh yang dimiliki perusahaan atau pun seseorang yang menjadi tenaga penjualan," katanya.
Selanjutnya Masrul menjelaskan, beberapa taktik yang dapat diterapkan untuk hasil yang lebih baik. Antara lain Membangun Hubungan Pelanggan yang Lebih Kuat. "Bisnis yang lebih fokus pada hubungan pelanggan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang prospek dan kebutuhan pelanggan mereka. Dan sebagai bonus tambahan, hubungan yang lebih kuat meningkatkan pemasaran dari mulut ke mulut dan mengembalikan pelanggan," paparnya.
Seiring dengan hal tersebut di atas, kata Masrul, Samudera Group juga mengembangkan Koneksi Manusia. Pelanggan adalah orang, bukan robot atau data dalam CRM. Dikatakannya, memasukkan koneksi manusia dalam penjualan akan memberikan wawasan tentang tantangan, ambisi, ketakutan, dan keraguan pelanggan. "Karena itulah, kami menempatkan fokus pada penjualan tatap muka sebagai hal yang diperlukan untuk mengembangkan hubungan manusia yang nyata," ujarnya.

"Tenaga penjualan harus termotivasi dan secara berkesinambungan diupgrade Ilmu Pengetahuan mereka untuk menjaga tingkat kinerja yang optimal. Pemimpin penjualan memiliki tugas untuk memotivasi, melibatkan, dan mendukung tim mereka. Setiap tenaga penjualan harus tahu bagaimana mereka dapat membantu perusahaan mencapai tujuan penjualannya," kata Masrul.
Sehubungan dengan itulah, kata Masrul, sudah menjadi satu keharusan bagi setiap sales adalah memahami return on investment ROI) atau tingkat pengembalian investasi secara keseluruhan dalam bisnis yang mereka jalankan. "Mengapa demikian? Alasan utama dari pentingnya memahami ROI adalah ROI merupakan tolok ukuran keuntungan bisnis yang paling tepat. Dengan mengetahui tingkat pengembalian investasi, segala kegiatan operasional dapat dievaluasi tingkat pengembalian investasinya," tambah Direktur LPK President itu.
Berikut adalah beberapa tips agar tim Sales & Marketing tetap fokus pada misi Samudera Group :
- Tetapkan tujuan: Profesional penjualan membutuhkan tujuan untuk dicita-citakan. Tanpa tujuan, mereka tidak akan tahu bagaimana kesuksesan didefinisikan dalam peran mereka atau organisasi. Pilih tujuan yang dapat diukur dan dapat dicapai. "Setting goals is the first step in turning the invisible into the visible." kataTony Robbins;
- Berinvestasilah dalam program pelatihan: Program pelatihan pemasaran dan pelatihan penjualan mendidik profesional tentang praktik penjualan terbaik dan menginformasikan manajemen tentang bidang yang perlu ditingkatkan;
- Hadiah sukses: Program insentif dan pengakuan akan diberikan sebagai penghargaan kepada tenaga Sales yang produktif. Semoga hal tersebut dapat menambah semangat karyawan penjualan untuk melakukan pekerjaan yang baik dan mendorong prestasi masa depan;
- Melalui Diklat Spiritual Sales & Marketing Strategy, Samudera Group membangun budaya tim yang didorong oleh nilai luhur budaya Nusantara dan mendorong kesuksesan;
- Berkolaborasi Diantara Departemen. Kolaborasi antar departemen sangat penting untuk keseluruhan proses penjualan. Karena itulah, team penjualan dan pemasaran harus mampu bersinergi. Data harus mudah dibagikan di seluruh tim untuk menunjukkan prospek yang lebih baik dan membangun pemasaran yang lebih kuat untuk prosedur hand-off penjualan.
Komentar
Posting Komentar