KOLABORASI AGRESIF ADALAH STRATEGI JITU SAMUDERA GROUP MEMENANGKAN PERTARUNGAN BISNIS GLOBAL ๐
Jakarta, JENIUSLINE.- Bisnis Masa Depan ada lah Arena yang penuh pertarungan. Karena itulah Samudera Group harus memiliki Strategi Efektif untuk Memenangkan Pertarungan Bisnis Regional maupun Global. Pasalnya, persaingan dalam dunia bisnis tidak bisa kita hindari, maka dari itu jika ingin terjun ke dalam dunia bisnis persiapkan diri kamu untuk menghadapi para pesaing bisnis lainnya.
Demikian terungkap dalam Rapat Pleno Samudera Group Guna Meningkatkan Omzet 2020 Menuju Go Public 2022 yang diselenggarakan di Meeting Room PT. Mutiara Samudera Biru, Pejaten Office Park, Jakarta Selatan.“Saat ini persaingan di dunia bisnis sangatlah ketat, sehingga kita harus menghadapi dengan cara yang sehat dan sesuai dengan Budaya Nusantara, Tasawuf Transformatif dan Peraturan yang ada,” kata Chairman Samudera Group, KGPH Eko Gunarto Putro, Mda.
Apalagi dalam dunia Forwarding, Shipping dan Logistik serta Global Transport yang menjadi Core Business Samudera Group, kata Kangjeng Eko haruslah Pawai menari di atas Gelombang diantara Dua Karang. “Oleh karena itu, Strategi Bisnis Masa Depan Samudera Group mulai January 2020 adalah Kolaborasi, bukan Kompetisi,” kata Kangjeng Eko Gunarto Putro.
Menurut Kangjeng Eko, dalam Dunia Maritim sangat diperlukan koalisi antar Pengusaha Nasional dalam menghadapi serbuan Jaringan Bisnis Global yang ingin merebut peluang bisnis dalam negeri. “Sifat koalisi atau kolaborasi ini mutualisme yang seharusnya menguntungkan untuk menciptakan kreativitas Baru dan membangun jaringan global,” tambahnya.
Lebih lanjut Kangjeng Eko menegaskan bahwa kolaborasi Bisnis adalah strategi mutualisme yang dapat dilakukan dengan saling bertukar gagasan dan penciptaan bersama sebuah produk dan jasa, platform, jaringan Usaha maupun desain bisnis baru. “Samudera Group akan berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan Nasional maupun Asing dalam seluruh Lini Bisnis,” kata Chairman Samudera Group itu.
Sementara itu, Kyai Ageng Khalifatullah Malikaz Zaman, dari Spiritual Business Consultant yang baru saja melakukan Audit Spiritual terhadap Samudera Group mengingatkan pentingnya Para Pebisnis Muslim melakukan Kolaraborasi Bisnis. “Insya Allah, Kolaborasi Agresif dengan para Pebisnis ternama dan Perusahaan-perusahaan besar membuat Samudera Group memiliki jangkauan bisnis lebih luas lagi, termasuk ekspansi ke pasar Internasional. Akhirnya mampu bersaing dengan Multi Nasional Corporation (MNC) ternama lainnya,”ujar Kyai Ageng.
Kyai Ageng mengatakan, Insya Allah, lebih dari 77 kantor Cabang dan Perwakilan Samudera Group akan tersebar ke seluruh Nusantara dan jaringan global. Jadi kekuatan kolaborasi agresif terjadi saat;
Pertama, ada potensi lahir kekuatan yang lebih besar untuk mewujudkan tujuan dan visi yang sejalan. Orientasi yang menekankan kebaikan kelompok di atas keuntungan pribadi, yang akhirnya akan menempatkan kebutuhan pelanggan di atas kepentingan diri mereka sendiri. Penciptaan Service experiences yang hebat.
Kedua, ada potensi memprediksi dan melahirkan keputusan lebih baik daripada seorang ahli sekalipun saat individu-individu tersebut bekerja sama. Proses kolaborasi seharusnya mendatangkan kekuatan dari wisdom of crowds. Konsep tersebut bahkan seharusnya mampu me-leverage sekumpulan intelijen dari crowds yang bisa difungsikan dengan teknologi melalui crowdsourcing ideas dan solusi serta dengan menciptakan komunitas online yang mampu berdiri sendiri.
Ketiga, ada potensi meningkatkan kemampuan mendengarkan dan merespons yang lebih baik voice of customers. Termasuk memonitor media sosial dengan menganalisis kesan dan pesan yang sampai terhadap kinerja kita apakah positif, negatif, dan netral. Dengan kolaborasi yang tepat, seharusnya kita mengetahui arah dan kecenderungan dari pasar.
Kita mampu memprediksi ‘moment of truth’ dengan lebih akurat sehingga mampu melakukan inovasi yang tepat.
Akhirul Kalam, Membangun reputasi bisnis membutuhkan waktu, kerja cerdas dan istiqamah. Karena itulah Samudera Group berupaya menjaga reputasinya, baik kepada supplier maupun pelanggan, dengan cara selalu berniat baik, berlaku jujur dan memberikan pelayanan produk atau jasa yang terbaik dan problem solving kepada rekanan Bisnis dan Masyarakat sekitar. (az).
Komentar
Posting Komentar